Alat Survey Kepuasan Pelanggan


K
epuasan pelanggan merupakan kunci utama keberhasilan bisnis suatu perusahaan. Bagi banyak perusahaan, kepuasan pelanggan telah menjadi suatu urusan yang vital dalam meningkatkan kualitas layanan dan produknya, serta memelihara loyalitas pelanggan dalam suatu pasar persaingan yang kompetitif. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berlomba-lomba mencanangkan sebagai salah satu tujuan strategiknya

Terdapat beberapa metode yang dapat dipergunakan setiap perusahaan untuk mengukur dan memantau kepuasan pelanggannya ( juga pelanggan perusahaan pesaing). Kotler (2004) mengemukakan 4 metode untuk mengukur kepuasan pelanggan, yaitu a) Sistem Keluhan dan Saran; b) Ghost Shopping (Mystery Shopping); c) Lost Customer Analysis; d) Survey Kepuasan Pelanggan. Namun demikian apapun macam dan bentuk konsep pengukuran kepuasan pelanggannya, umumnya menawarkan suatu pengukurab yang menghasilkan suatu indeks kepuasan pelanggan. Sejauh ini sejumlah negara telah mengembangkan indeks kepuasan pelanggan nasional untuk berbagai macam barang dan jasa, diantaranya Swedish Customer Satisfaction (SCCB) sejak tahun 1989, American Customer Satisfaction Index (ACSI) sejak tahun 1994; Norwegian Customer Satisfaction Barometer (NCSB) sejak 1996; dan Indonesian Customer satisfaction Indeks (ICSI) sejak tahun 1999.

Terdapat beberapa metode untuk mengukur kepuasan pelanggan salah satunya adalah metode yang diciptakan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry pada tahun 1990.  Dalam rangka melakukan survey kepuasan pelanggan ada 5 dimensi kepuasan yang banyak digunakan baik untuk sektor publik maupun swasta. Kelima dimensi tersebut adalah :

1.   Reliability
2.   Responsiveness
3.   Assurance
4.   Empathy
5.   Tangibility

Penggunaan media elektronik Alat Survey Kepuasan Pelangganmenjadi salah satu pilihan dalam melaksanakan survey yang dilakukan secara rutin tersebut, dikarenakan akan lebih efisien jika dibandingkan dengan menggunakan media survey konvensional yang menggunakan kertas. Hasil survey dapat diketahui oleh masyarakat secara langsung dan transparan. Dalam hal ini, media informasinya menggunakan Sistem Informasi Digital Signage.
//SEO SCRIPT POWERED BY www.alltechbuzz.in